Jumat, 11 Maret 2016

Makalah Tentang Aplikasi Internet untuk Bisnis dan Pemerintah


MAKALAH
(Aplikasi Internet untuk Bisnis dan Pemerintah)



Kelompok 11:
Masniah Baharuddin
Alief Sofyan

JURUSAN INFORMATIKA KOMPUTER
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
POLITEKNIK INFORMATIKA NASIONAL MAKASSAR
2015


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur
 kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan perlindungan-Nya kami dapat menyelesaikan tugas makalah “Aplikasi internet untuk bisnis dan pemerintah”
Makalah ini kami buat untuk menyelesaikan tugas dari mata kuliah “Dasar-dasar sistem informasi” Kami menyadari bahwa makalah ini tidak luput dari kekurangan, untuk itu saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat kami harapkan demi peyempurnaan makalah ini.

                                                                  
Jum’at, 28 February 2016                                                                                                                         








DAFTAR ISI
          KATA PENGANTAR
          DAFTAR ISI
      BAB I PENDAHULUAN
                   A. LATAR BELAKANG
                   B. RUMUSAN MASALAH
1.    Internet dan e-business
2.    Intranet dan extranet
3.    Nilai bisnis internet
4.    Organisasi virtual
5.    E-Intermediary
6.    M-commerce dan teknologi WAP
7.    E-government
                   C. TUJUAN
          BAB II PEMBAHASAN
          BAB III PENUTUP
                   A.KESIMPULAN
                   B.SARAN
          DAFTAR PUSTAKA
                  



BAB I
PENDAHULUAN
A.             Latar Belakang

pada saat ini keberhasilan persaingan bisnis modern telah semakin banyak tergantung pada manajemen informasi dalam perusahaan untuk memahami situasi bisnis perusahaan, untuk menguasai proses setiap pekerjaan dan semua jenis data. Untuk membuat pengaturan yang tepat, pendapatan dan mengurangi pengeluaran, bagi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan lebih.

B.             Rumusan masalah

1.   Internet dan e-business
2.   Intranet dan extranet
3.   Nilai bisnis internet
4.   Organisasi virtual
5.   E-Intermediary
6.   M-commerce dan teknologi WAP
7.   E-government

C.             TUJUAN
Mengetahui dan dan mampu menjelaskan apa itu aplikasi aplikasi internet utuk bisnis dan pemerintah.


BAB II
PEMBAHASAN
1.   Internet dan E-business
Internet membawa perubahan cukup  besar terhadap bisnis dan melahirkan istilah yang disebut E-business. Kotler(2003) mendefinisikan E-business sebagai penggunaan alat dan platforum eletronik untuk melaksanakan bisnis perusahaan secara lebih jelas O’Brien (2001) mendefinisikan sebagai penggunaan teknologi-teknologi internet untuk menghubungkan dan memberdayakan proses bisnis perdagangan elektronik, dan komunikasi serta kolaborasi di dalam sebuah perusahaan dan dengan para pelanggang, pemasok, dan mitra bisnis yang lain”. Pada gambar dibawah memperlihatkan hubungan internal sebuah perusahaan dan pelanggang, pemasok,lokasi lain perusahaan, serta situs-situs web perdagangan elektronik (e-commerce) dengan menggunakan teknologi internet, internet, dan extranet untuk melaksanakan bisnis.


2.   SISTEM KOMUNIKASI DAN KOLABORASI
Di dalam sistem komunikasi, dan kolaborasi dengan menggunakan teknologi seperti surat elektronik, sistem chat, dan bahkan video komprensi. Perlu diketahui :
·        Koordinasi berarti menyelaraskan setiap usaha yang dilakukan masing-masing individu dalam suatu kelompok kerja,
·        Komunikasi berarti berbagai informasi. Dan
·        Kolaborasi berarti bekerja sama dalam melaksanakan suatu tugas atau proyek.

3.   SISTEM BISNIS INTERNAL
Sistem bisnis internal digunakan untuk melayani proses dan bisnis secara internal. Dengan menggunakan sistem seperti ini, seorang manajer yang sedang bepergian dapat mengakses basis data perusahaan yang terdapat pada server dengan mudah. Beberapa hal lain yang bisa ditangani melalui sistem bisnis internal adalah sebagai berikut :
·        Pemrosesan transaksi secara internal; misalnya pesanan penjualan dapat dimasukkan oleh pemasaran dari jarak jauh.
·        Portal perusahaan, yaitu sarana informasi berbasis web yang ditujukan secara khusus untuk pegawai perusahaan bersangkutan.
·        Pemantauan aktivitas dalam perusahaan.
·        Pengendalian proses
·        Sistem pendukung manajemen.

4.   PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Perdagangan elektronik atau e-commerce adalah segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk,jasa, dan informasi yang dilakukan secara elektronis.domain e-commerce berupa B2B,B2C,C2B,dan C2C.

Business to Business (B2B)

B2B menyatakan bentuk jual-beli produk atau jasa yang melibatkan 2 atau beberapa perusahaan dan dilakukan secara elektronis. Umumnya,perusahaan-perusahaan yang terlibat adalah pemasok,distributor,pabrik,toko,dll. Kebanyakan transaksi berlangsung secara lansung antara 2 sistem.model seperti ini telah banyak diterapkan;misalnya, Wal-Mart dan para pemasoknya. Contoh situs web yang menyelenggarakan  B2B adalah global Sources lihat gambar di bawah.situs ini mempertemukan antara perusahaan pembeli dan perusahaan yang menjual produk/jasa.


Keuntungan B2B adalah seperti berikut :
1.     Mempercepat transaksi antara penjual dan pembeli
2.     Menurunkan biaya transaksi kedua belah pihak.
3.     Menciptakan pasar baru tanpa dibatasi oleh wilayah geografis
4.     Meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antara penjual dan pembeli
Business-to Consumer (B2C)

B2C adalah bentuk jual-beli produk yang melibatkan antara perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis. Perusahaan-perusahaan terkenal yang melayani B2C antara lain adalah Dell (www.del.com), Cisco (www.cisco.com), dan amazon (www.amazon.com). Adapun contoh untuk perusahaan-perusahaan  di indonesia dapat dilihat di tabel dibawah ini.

SITUS
JENIS PRODUK
Barang : buku
Barang: komputer dan periferal
Barang: peralatan jaringan komputer
Barang: robot dan aksesoris
Barang: perlengkapan untuk pria/wanita

B2C banyak diminati oleh para pemakai internet karena pembelian produk dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Selain itu, umumnya harga produk lebih murah dan konsumen bisa mebyar dengan kartu seperti master card atau visa card.

Consumer-to Consumer (C2C)

Consumer-to Consumer (C2C) atau terkadang disebut person-to-person  (Ebert dan griffin, 2003) menyatakan model perdagangang yang terjadi antara konsumen dengan konsumen yang dilakukan secara elektronis. C2C biasa dikelola oleh pihak yang bertindak sebagai mediator. Situs seperti Ebay (www.ebay.com) menyediakan sarana yang memungkinkan orang-orang dapat menjual atau membeli barang di antara mereka sendiri. Di indonesia, kaskus (http://www.kaskus.co.id) dan toko bagus (http://www.tokobagus.com) adalah contoh C2C.

Consumer-to-Business (C2B)

Beberapa situs berinisial untuk mendukung bisnis yang berbasiskan konsumen ke pebisnis (consumer-to-business atau C2B). Sebagai contoh, seorang pembeli dapat menentukan harga barang yang akan dibeli di C2B. Konsepnya, seperti seseorang yang memasang iklan untuk mencari rumah di lokasi terentu dan harga tertentu. Pebisnis yang mengetahui permintaan tersebut dapat melayaninya . model yang lain, seseorag bisa menjual produk yang dimilikinya ke perusahaan. Alternatif lainnya, mediato sekaligus menagani transaksi penjualan dan akan membayarkannnya pada penjual setelah dipotong komisi.
Seperti halnya C2C, pengelola C2B adalah mediator. Tugasnya adalah memudahkan perorangan ber-hubungan dengan pebisnis. Contoh C2B adalah fotolia (http://www.fotolia.com) . fotolia memungkin-kan siapa saja mengirimkan gambar dan mengelola pembelian gambar oleh perusahaan/perorangan yang membutuhkannya(misalnya akan digunakan untuk kepentingan ilustrasi di buku).







5.   INTRANET DAN EXTRANET
Intranet adalah jaringan komputer dalam sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi internet, sehingga terbentuk lingkungan yang seperti internet tetapi bersifat privat bagi perusahaan bersangkutan. Dalam hal ini, pengaksesan informasi yang berkaitan dengan sistem basis data juga dilakukan melalui web browser; misalnya innternet explorer atau netscape navigator.
Kadangkalah, internet juga dihubungkan ke jaringan internet, dengan dilengkapi firewall . firewall pada dasarnya adalah metode yang menempatkan suatu peranti-sebuah komputer atau sebuah router –dui antara jaringan dan internet untuk mengontrol dan memantau seluruh lalu lintas antara dunia luar dan jaringan lokal, dengan cara seperti ini, akses oleh seseorang dari luar perusahaan bisa ditolak, tetapi pemakai didalam perusahaan tetap bisa mengakses internet.
Extranet adalah jaringan privat yang menggunakan teknologi internet dan sisitem telekomunikasi publik untuk membentuk hubungan yang aman antara pemasok, vendor,mitra kerja, pelanggang, dan pihak bisnis lainnya dalam rangka mendukung operasi bisnis atau pengaksesan informasi bisnis. Extranet dapat di pandang sebagai sebuah intranet yang dapat di akses melalui pemakai yang berada diluar perusahaan. Dalam implementasinya, extranet dapat menggunakan hubungan internal yang aman antara kedua belah pihak yang akan berkomunikasi (melalui virtual.private,network) ataupun melalui jaringan internet yang tidak aman tetapi dilengkapi dengan enkripsi data.
Extranet dapat digunakan untuk melakukan hal-hal berikut:
·        Pertukaran data dengan volume besar menggunakan EDI (Elektronic Data Interchange)
·        Berbagai katalog produk dengan pedagang
·        Kerjasama dengan perusahaan lain dalam usaha pengembangan patungan
·        Menyediakan layanan oleh sebuah perusahaan terhadap sejumlah perusahaan dalam groupnya
·        Berbagai informasi yang ditujukan secara khusus untuk perusahaan-perusahaan mitra kerja
6.   NILAI BISNIS INTERNET
Dewasa ini banyak perusahaan yang memanfaatkan situs-situs perdagangan elektronik. Berbagai alasan yang mendasari langkah tersebut adalah sebagai berikut (O’Brien,2001,hal,250).
·        Menghasilkan pendapatan baru melalui penjualan online.
·        Memperkecil biaya melalui penjualan dan dukungan pelanggan secara online
·        Menarik pelanggang baru melalui pemasaran dan iklan web dan penjualan secara online.
·        Meningkatkan loyalitas pelanggang lama melalui peningkatan layanan dan dukungan web
·        Mengembangkan pemasaran dan saluran distribusi yang baru yang berbasis web untuk produk-produk sekarang
·        Membuat produk-produk baru agar segera bisa diakses melalui web.
Sebagai contoh, Gramedia (www.gramedia.co.id) mendukung pembelian buku secara online untuk meningkatkan penjualan selain melalui toko-toko konvensional.
7.   ORGANISASI VIRTUAL
Dukungan internet untuk bisnis akhirnya melahirkan organisasi yang dikenal dengan sebutan otganisasi virtual (virtual organisation). Organisasi virtual adalah suatu jaringan organisasi yang independen yang dihubungkan melalui teknologi informasi dengan tujuan untuk mengekploitasi peluang pasar dengan berbagai keterampilan, biaya, dan akses pasar. Organisasi seperti ini biasa beroperasi berdasarkan proyek, namun ada juga yang beroperasi secara permanen. Umumnya, organisasi seperti ini memiliki sedikit sekali pegawai tetap dan fasilitas administrasi secukupnya saja. Ketika terhadap proyek baru, organisasi akan menghimpung sumberdaya dari organisasi-organisasi mitra kerjanya.
Global research consortion (GRC) Merupakan contoh organisasi virtual (Ebert dan Griffin,2003,hal,157). Perusahaan ini menawarkan layanan penelitian dan konsultasi kepada perusahaan-perusahaan yang berbisnis di asia dengan hanya memiliki pegawai tetap. Ketika ada proyek baru, organisasi ini akan melakukan sub kontrak pekerjaan ke bebrapa konsultan dan penelitian independent yang telah memiliki hubungan dengannya. Contoh lain adalah European grid infrastruktur(EGI) yang memungkingkan para periset bergabung untuk memanfaatkan sumber daya komputasi grid tanpa harus berkumpul di satu tempat .




8.   E-INTERMEDIARY
E-commerce melahirkan pula perantara yang berbasis internet  dan dikenal dengan sebutan e-intermediary (Ebert dan Griffin,2003) adalah para anggota saluran distribusi internet yang melakukan salah satu atau dua fungsi berikut :
1.     Mereka mengumpulkan informasi tentang para penjual dan menyajikannya dalam bentuk yang praktis kepada para konsumen:
2.     Mereka membantu menyalurkan produk-produk ke konsumen.
Contoh e-intermediary antara lain adalah :
·        Agoda.com adalah perantara yang melayani pesanan hotel
·        Tiket.com adalah perantara yang melayani penjualan tiket kereta, tiket pesawat, film, dan lain-lain.
·        KAYAK (www.kayak.com) adalah perantara yang mempermudah pencarian tiket pesawat terbang,sewa mobil, hotel melalui mesin pencari dan tidak melakukan penjualan apapun.
·        Shopbot.ca (www.shopbot.com) adalah situs yang dapat membandingkan harga berbagai peralatan yang dijual dikanada.
Agoda.com
Tiket.com
9.   M-COMMERCE DAN TEKNOLOGI WAP
M-commerce (mobile commerce) dikenal sebagai generasi berikutnya dari e-commerce. M-commerce adalah bentuk penjualan dan pembelian produk serta kegiatan lain yang terkait dengan pelanggan (misalnya untuk mentransfer uang) yang dilakukan melalui peranti bergerak. Dengan menggunakan peralatan ini, pemakai dapat mengakses internet tanpa memerlukan PC.
Teknologi yang mendasari M-commerce adalah WAP (Wireless Application Protocol). WAP diperkenalkan oleh industri-industri yang tergabung dalam WAP forum untuk menghubungkan klien yang mempergunakan peranti niskabel (tanpa kabel) dengan internet. Dengan adanya WAP, Kebutuhan-kebutuhan khusus akan jaringan nirkabel yang memungkinkan pelaku komunikasi dapat bergerak bebas menjadi terpenuhi.
Prinsip komunikasi WAP dapat dilhat pada gambar klien WAP berkomunikasi dengan gateway WAP dengan mengirimkan permintaan WAP dalam format WAP, Permintaan WAP tersebut kemudian ditranslasikan menjadi permintaan HTTP, yang kemudian dikirimkan ke server Web.


Gateway WAP menyampaikan permintaan dari klien (permintaan WAP) dalam bentuk WML (sebagai permintaan HTTP). WML,(Wireless markup language) adalah bahasa semacam HTML. Yang lebih sederhana dan terdefinisi secara lebih baik.
Aplikasi m-commerce juga sudah mulai diterapkan. Sebagai contoh, beberapa bank memungkinkan penggunaan ponsel untuk melakukan transaksi pembelian barang ataupun untuk kepentingan transfer uang.

10.         E-GOVERNMENT
e-Government atau kadang sering disingkat menjadi e-gov adalah istilah yang menyatakan penggunaan teknologi informasi untuk melakukan transformasi hubungan dengan masyarakat,bisnis,sesama badan pemerintah, dan pegawai. Aplikasi e-Government dapat berupa Government-to-citizens (G2C), Government-to-Business (G2B), Government-to-Employees (G2E), dan Government-to-Governments (G2G).  Penjelasan masing-masing dapat dilihat pada tabel.

KATERGORI
KETERANGAN
G2C
G2C adalah aplikasi e-government yang menyatakan interaksi antara pemerintah dan masyarakat. Dengan menggunakan aplikasi ini, masyarakat dapat berhubungan dengan pemerintah tidak hanya di kantor pemerintah, melainkan di mana saja (termasuk di rumah) beberapa contoh aplikasi ini :
·        Pembayaran pajak secara online;
·        Pengurusan akta kelahiran
·        Pengurusan izin mendirikan bagunan
·        Pengurusan tanah
G2B
G2B adalah aplikasi e-Government yang ditunjukkan untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pebisnis. Beberapa contoh aplikasi berikut :
·        Pelayanan untuk berinvestasi
·        Pemercepatan pengurusan barang dipelabuhan
·        Pengadaan barabg (e-procurement)
G2G
G2G adalah aplikasi e-government yang ditunjukkan untuk kepentingan berbagi informasi antara lembaga pemerintah, dengan menggunakan aplikasi ini pertukaran data antara lembaga pemerintah dapat dilakukan dengan mudah.
G2E
G2E adalah aplikasi e-government yang dimaksud untuk meningkatkan unit pemerintah. Beberapa contoh aplikasi ini :
·        Penyediaan fasilitas e-learning yang memugkinkan pegawai bisa belajar secara mandiri dan online.
·        Pencatatan data pribadi dan hal-hal yang berkaitan dengan kinerja setiap pegawai;


                     









BAB III
PENUTUP
A.  KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa banyak sekali manfaat internet diantara nya sebagai media bisnis. Banyak informasi – informasi yang berhubungan dengan dunia bisnis bisa di dapat di internet.

B.   SARAN
Sejalan dengan meningkatnya peranan informasi dalam bisnis maupun teknologi, akses terhadap sumber dan jaringan informasi menjadi semakin penting bagi para pengusaha. Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah seharusnya para pengusaha mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui jaringan ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar